Pages

Subscribe:

Selasa, 08 November 2011

sejarah singkat smp negeri 2 demak

Sejarah Singkat




SMP Negeri 2 Demak adalah salah satu sakolah favorit di kabupaten Demak yang juga berpredikat sebagai Rinisan Sekolah Bertaraf Internasional. SMP Negeri 2 Demak, menjalankan proses pendidikan sesuai dengan Standar Nasional Pendidikan dan diperkaya dengan sistem pendidikan dari negera-negara maju. Proses pembelajaran didasarkan pada nilai-nilai inti dan budaya lokal yang mengedepankan proses pembelajaran yang aktif, efektif dan menyenangkan.
SMP Negeri 2 Demak telah ada dan lebih dari 50 tahun menjadi pelayan pendidikan. Sebelum tahun 1960-an, Sekolah yang menempati gedung peninggalan Belanda ini merupakan sekolah Guru B (dikenal dengan SGB) yang kemudian pada tanggal 31 Juli 1959 diubah dan diintegrasikan menjadi SMP Negeri 2 Demak melalui Surat Keputusan Kepala Urusan Pendidikan Guru Jawatan Pendidikan Umum No: 30/Um/IPPG/1960 sesuai dengan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No. 187/SK/III tanggal 25 Mei 1960.
Pada awal berdirinya SMP Negeri 2 Demak dapat merekrut siswa sebanyak 76 siswa yang terbagi menjadi tiga kelas. Gedung megah peninggalan Belanda yang sekarang menjadi cagar budaya ini memiliki empat belas ruang belajar dan sarana pendukung, seperti perpustakaan dan laboratorium. Adapun jumlah guru pengajarnya berjumlah 32 orang, sedangkan karyawan tata usaha berjumlah dua belas orang.
Pada tahun 1961 pertamakalinya SMP Negeri 2 Demak telah dapat meluluskan 39 siswanya (100%). Dan pada tahun 1970 sudah memiliki 424 siswa yang terbagi menjadi 11 kelas.
Pada perkembangannya SMP Negeri 2 Demak mengalami kemajuan yang berarti, yaitu pada tahun 2004 dipercaya pemerintah untuk menjadi Sekolah Bertaraf Nasioal. Dalam kurun waktu yang relatif singkat tepatnya pada tanggal 14 Maret 2007 SMP Negeri 2 Demak ditetapkan menjadi Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional(RSBI) bersama 100 sekolah lainnya di Indonesia.
Sejak tahun 1959 sampai sekarang, SMP Negeri 2 Demak sudah banyak mengalami pergantian kepala sekolah.

0 komentar:

Posting Komentar

smp negeri 2 demak adalah sekolah yang indah